Kunjungan Lapangan Mahasiswa Teknik PWK STTNAS di PT. ANGKASAPURA I Yogyakarta

Pada tanggal 4 Juni 2013, mahasiswa peserta mata kuliah pilihan Manajemen dan Ekonomi Transportasi, Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, STTNAS Yogyakarta mengadakan kunjungan lapangan di PT. Angkasapura I Yogyakarta, sebagai pengelola Bandara Internasional Adisutjpto Yogyakarta.
Kunjungan lapangan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lapangan mengenai operasional bandara, meliputi enam elemen penting terselenggaranya transportasi yang optimal, yaitu : penyediaan infrastruktur, penyediaan dan pengelolaan mobile facilities, pelayanan tambahan, regulasi, komunikasi, dan skill atau keterampilan pelaksana lapangan.Selain mengamati elemen-elemen tersebut, mahasiswa juga dapat melihat secara langsung keterkaitan antar elemen dalam penyelenggaraan transportasi udara.

Kunjungan lapangan diikuti oleh 15 mahasiswa dengan koordinator lapangan Mery Yulita M, didampingi oleh dosen Teknik PWK STTNAS yaitu Bapak Iwan Aminto Ardi, ST dan Ibu Yusliana,ST dan diterima oleh Bapak Andhika (Bagian Humas PT. Angkasapura I Yogyakarta).

Kunjungan dimulai dengan presentasi oleh PT Angkasapura I di ruang rapat tentang profil Bandara Internasional Adisutjipto dan manajemen perusahaan. Selanjutnya diikuti dengan dialog dengan mahasiswa, diantaranya mengenai pemindahan bandara ke Kulon Progo, apakah integrasi sistem transportasi yang ada saat ini akan dikembangkan juga di lokasi baru, mengingat keterpaduan sistem transportasi saat ini sudah cukup baik.
Pihak Angkasapura I menjelaskan bahwa proses pemindahan sedang berjalan, diperkirakan akan operasional pada Tahun 2020. Prioritas saat ini adalah memikirkan bagaimana memeberikan akses terbaik dari kota ke lokasi bandara.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa kedepannya bandara baru tidak hanya sekedar melayani kegiatan penerbangan saja, tetapi juga memberikan layanan komprehensif (hotel, supermarket, dll) dengan konsep Airport City.

Setelah kegiatan presentasi selesai, mahasiswa diberikan kesempatan untuk tinjauan lapangan didampingi Bapak Andhika. Kunjungan dimulai dari area ticketing airline, selanjutnya menuju domestic passanger waiting room.
Diskusi semakin berkembang di lapangan karena para mahasiswa bisa melihat langsung bagaimana proses penerbangan dan mengamati pihak-pihak yang terkait dengan operasional bandara.
Mahasiswa juga mendapatkan penjelasan mengenai proses lengkap penerbangan dan pendaratan pesawat, pengelolaan property bandara, dan siapa saja stakeholder terkait dengan bandara. Mahasiswa mendapat kesempatan mengamati secara visual kegiatan bandara, jumlah pengguna yang dilayani semakin bertambah, dari kapasitas ideal 5000-6000 penumpang, dan sampai saat ini telah melayani lebih dari 15.000 penumpang per hari, dengan 11 airline company yang beroperasi.
Kunjungan dilanjutkan ke area parkir pesawat untuk melihat secara langsung bagian-bagian dari landasan yang terdiri atas runway, taxiway, dan apron, serta mengamati proses take off dan landing pesawat.

Setelah lebih kurang dua jam pengamatan di Bandara Adisutjipto, kunjungan diakhiri di ruang kedatangan domestik. Selanjutnya kedua pihak berharap agar kegiatan kunjungan lapangan ini dapat berkelanjutan, dan menjadi agenda rutin khususnya untuk mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Lebih lanjut kegiatan ini diharapkan menjadi rintisan kerjasama antara Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) dengan PT. Angkasapura I Yogyakarta, sebagai shareholder pengembangan pengetahuan mahasiswa.