FAQ MBKM

  1. Apa yang harus kita tahu dari Permendikbud No 3 Tahun 2020 terkait MBKM?

Permendikbud tersebut memberikan arahan bentuk-bentuk pembelajaran (Pasal 14) yang diwujudkan dalam 8 (delapan) bentuk pembelajaran di luar kampus. Regulasi pada Pasal 14 juga memberikan status WAJIB kepada pelaksanaan Penelitian, perancangan atau pengembangan; demikian pula, bentuk pembelajaran berupa pengabdian kepada masyarakat juga merupakan hal WAJIB. Selanjutnya, implementasi MBKM juga memiliki implikasi cukup signifikan pada pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama) pendidikan tinggi.

  • Apakah MB-KM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) itu?

Merupakan kegiatan belajar mahasiswa yang lebih berorientasi pada peran aktif mahasiswa dalam mengembangkan potensi dimilikinya melalui pembelajaran di luar kampus dalam 8 bentuk pembelajaran ditawarkan, yaitu (1) pertukaran pelajar/mahasiswa, (2) magang/praktek kerja, (3) mengajar di unit pendidikan, (4) proyek kemanusiaan, (5) riset, (6) kewirausahaan, (7) proyek independen, dan (8) Membangun Desa. Masing-masing bentuk pembelajaran MBKM dilakukan pada semester aktif dan memiliki volume beban kerja mahasiswa maksimal 20 sks per semester. Semua rekognisi kredit di dalam implementasi MBKM harus dalam pembimbingan dosen.

  • Bagaimana prinsip implementasi MBKM?

MBKM dilaksanakan dengan memfasilitasi mahasiswa untuk dapat merasakan lingkungan pembelajaran di luar kampus. Prodi wajib memfasilitasi mahasiswa dalam MBKM tetapi menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk mengambil pilihan regular atau pilihan MBKM dalam penyelesaian studinya. Implementasi MBKM juga dapat dilakukan berdasarkan pada pelaksanaan program-program baru yang diinisiasi oleh DIKTI. Dalam implementasi MBKM, mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri, lebih aktif dan berinisiatif, dan bertanggung jawab atas pilihannya dengan tetap melalui proses konsultasi dengan dosen pembimbing.

  • Apakah mahasiswa boleh mengambil lebih dari 1 bentuk pembelajaran MBKM?

Mahasiswa boleh mengambil lebih dari 1 bentuk pembelajaran tetapi pada semester yang berbeda.

  • Apakah Prodi PWK menawarkan semua bentuk pembelajaran (8 pembelajaran) sesuai aturan Permendikbud No 3 Tahun 2020?

Untuk saat ini Prodi PWK hanya menawarkan 3 bentuk pembelajaran MBKM yaitu (1) Pertukaran Pelajar, (2) Magang dan (3) Membangun Desa akan tetapi tidak menutup kemungkinan semua bentuk pembelajaran yang lainya dapat diimplementasikan.

  • Apakah boleh mahasiswa melaksanakan MBKM dan juga masih mengambil mata kuliah regular? Bagaimana dengan konversi mata kuliah yang akan di tempuh.

MBKM memiliki maksimal 20 sks, aturan terkait dengan pelaksanaan dan konversi mata kuliah dapat dilihat pada Pedoman dan POB terkait MBKM.  

  • Kapankah pelaksanaan MBKM ini dilakukan oleh mahasiswa?

Selain pertukaran pelajar, pembelajaran MBKM dilakukan setelah mahasiswa menempuh semester 4 dengan harapan telah lulus semua praktikum dan studio sehingga mahasiswa melaksanakan MBKM di luar kampus pada semester 5 dan 6.

  • Ketika pelaksanaan MBKM melibatkan mitra, Apakah mahasiswa boleh memilih mitra sendiri?

MoU/PKS menjadi persyaratan wajib untuk bermitra dalam implementasi MBKM. Sehingga setiap mahasiswa yang akan melaksanakan MBKM harus dengan mitra yang sudah memiliki MoU/PKS dengan fakultas.

  • Apa peran dosen pembimbing dalam MBKM?

Dosen pembimbing mengarahkan bimbingan dalam implementasi MBKM. Arahan dosen terhadap mahasiswa merupakan upaya memaksimalkan potensi dari pelaksanaan MBKM sesuai dengan motivasi atau ketertarikan mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya.

  • Bagaimana assessment mata kuliah MBKM

Assessment dalam kegiatan MBKM ini berbentuk assessment formative. Tujuan dari assessment formative adalah untuk memonitor pembelajaran mahasiswa, memberikan umpan balik yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengajaran dosen dan pembelajaran mahasiswa MBKM. Contoh assessment formatif adalah memberi tugas melakukan mapping kegiatan MBKM di tempat magang, membuat evaluasi atas permasalahan dihadapi dalam pencapaian target belajar dan strategi mengatasi permasalahan. 

  1. Mata kuliah apa saja dapat diambil dalam program MBKM?

Silahkan baca POB dan Pedoman kegiatan MBKM.