Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Teknik PWK STTNAS bersama Prof. Djoko Sujarto

 

Hari Jum’at 28 September 2012 di Ruang D21 Kampus STTNAS Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. H. Djoko Sujarto, MSc. berkesempatan hadir memberikan kuliah perdana kepada mahasiswa baru Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) STTNAS. Kegiatan kuliah perdana ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh Prof. Djoko Sujarto, melainkan adalah kegiatan rutin yang secara berkala dilakukan beliau di tiap semeter. Pada kesempatan tersebut, Guru Besar Emeritus ITB yang juga sebagai pembina Jurusan PWK STTNAS memberikan materi mata kuliah Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota.

Mengawali perkuliahan Prof. Djoko memperkenalkan diri di hadapan para mahasiswa baru dan disimak dengan sangat antusias oleh para mahasiswa. Kemudian Prof. Djoko meminta kepada beberapa mahasiswa yang secara acak ditentukan oleh beliau untuk memperkenalkan diri. Komunikasi yang cukup menarik terjadi ketika Prof. Djoko menanyakan tentang “apa yang anda ketahui mengenai Ilmu Planologi (PWK) sehingga anda ingin berkuliah di bidang ini?” dan dengan beberapa tanggapan jawaban yang cukup bervariasi. Kemudian Prof. Djoko memberikan suatu wacana mengenai kebutuhan akan seorang ahli planologi/ perencana wilayah dan kota di Indonesia yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan pembangunan di tiap daerah di seluruh Indonesia terutama wilayah Indonesia bagian timur.

Setelah sesi perkenalan, Prof. Djoko mulai memberikan materi perkuliah dengan judul “Pendidikan Perencanaan Wilayah dan Kota di Indonesia”. Materi substansi yang disampaikan oleh Prof. Djoko meliputi: latar belakang dan sejarah perkembangan pendidikan planologi di Indonesia; perkembangan perencanaan dan pendidikan perencanaan wilayah dan kota; falsafah pendidikan planologi; tujuan dan sasaran pendidikan planologi; dan unsur-unsur pendidikan planologi.

Prof. Djoko juga menekankan pada tujuan pendidikan planologi adalah membentuk sikap/perilaku (attitude) dan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam tiga hal yaitu: pola pikir dan wawasan rasional dan komprehensif; kemampuan berpikir strategis dan analitis; kemampuan merumuskan alternatif pemecahan permasalahan pembangunan wilayah dan kota yang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan disepakati oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Diharapkan dari pertemuan perdana ini, mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 semakin mengerti dan memahami tujuan pendidikan planologi (perencanaan wilayah dan kota) serta mampu menjawaban pertanyaan “mengapa anda ingin menjadi seorang perencana wilayah dan kota?”.