Pertemuan Tahunan Anggota ASPI di Kampus ITB Bandung

Hari Kamis 13 September 2012, ASPI (Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia) menyelenggarakan Pertemuan Tahunan. Pertemuan ini merupakan pertemuan rutin yang diselenggarakan ASPI bagi seluruh anggota dan pengurusnya. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Seminar Lt. 2, Gedung SAPPK, Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10 Bandung. Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) STTNAS Yogyakarta sebagai anggota ASPI mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut yang diwakili oleh Iwan Aminto Ardi, ST. (Pengurus ASPI) dan Fahril Fanani, ST. (Sekjur PWK-STTNAS).

Pertemuan Tahunan ASPI berlangsung hangat dengan dibukanya forum diskusi yang dipimpin oleh Ketua ASPI Dr. rer.nat. Imam Buchori, ST. (UNDIP). Pertemuan ini dihadiri oleh 34 orang peserta dari 32 perwakilan sekolah perencanaan anggota ASPI (jenjang S1, S2, dan S3). Saat acara diskusi dikemukakan beberapa point penting yang menjadi agenda, antara lain: Update informasi ASPI, Review Program ASPI, Amandemen AD/ART ASPI, Kompetensi dan Kurikulum ASPI, Jaringan Jurnal ASPI, Kerjasama ASPI-IAP, serta issue-issue lain yang sedang berkembang di lingkungan ASPI.

Hasil forum diskusi yang dilaksanakan menghasilkan beberapa poin penting, antara lain:

  1. Program Kerja ASPI terkait pembahasan kurikulum ASPI yang direncanakan akan dilaksanakan bulan Desember 2012 di Jogjakarta. Pelaksana kegiatan adalah PWK STTNAS dan UGM. Selain pembahasan kurikulum S1 dan S2, diusulkan juga ada pembahasan untuk kelompok S3 secara tersendiri.
  2. Perubahan dan penyempurnaan AD/ART ASPI yang dihadiri oleh perwakilan 32 anggota dari 47 anggota aktif ASPI dalam Rapat Anggota Utama ASPI (sesuai dengan Anggaran Dasar ASPI).
  3. ASPI terus mendorong pelaksanaan jaringan jurnal di antara anggota ASPI guna memudahkan publikasi ilmiah diantara anggota ASPI, serta semakin meningkatkan kualitas dan peringkat Jurnal Anggota ASPI.
  4. Kerjasama ASPI dengan beberapa mitra profesional seperti IAP yang bertujuan untuk peningkatan pendidikan dan profesi perencana.

Dari beberapa point penting di atas, yang perlu dijadikan perhatian oleh STTNAS adalah agenda Workshop Pembahasan Kurikulum S1 dan S2 ASPI di Yogyakarta bulan Desember 2012 dimana PWK-STTNAS dan UGM Yogyakarta ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan tersebut.