Realisasikan MBKM, Mahasiswa PWK ITNY Magang ke PT Sinergi Visi Utama

Perencanaan Wilayah dan Kota ITNY

Dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta mengirimkan tiga orang mahasiswa untuk mengikuti kegiatan magang bersertifikat di PT Sinergi Visi Utama. Mahasiswa Prodi PWK ITNY akan menjalani magang selama empat bulan di PT Sinergi Visi Utama, yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa konsultansi di bidang ekonomi, kebijakan publik, dan perencanaan pembangunan di Kota Yogyakarta. Sebagai salah satu bentuk implementasi kegiatan MBKM, keikutsertaan mahasiswa Prodi PWK ITNY dalam program magang ini akan dikonversi setara dengan 18 SKS.

Penerjunan mahasiswa Prodi PWK ITNY untuk mengikuti kegiatan magang telah dilaksanakan pada hari Senin (22/2) di Kantor PT Sinergi Visi Utama di Kotagede, Yogyakarta. Prodi PWK ITNY yang diwakili langsung oleh Ketua Program Studi PWK ITNY, Yusliana, S.T., M.Eng. menghantarkan tiga orang mahasiswa Prodi PWK ITNY angkatan 2018 untuk memulai program magang di PT Sinergi Visi Utama. Dalam sambutannya, Direktur Quality Control PT Sinergi Visi Utama, Arrohman Mardiansyah, S.IP. MM, memberikan apresiasi bagi mahasiswa-mahasiswa Prodi PWK ITNY yang akan melaksanakan kegiatan magang. Menurut Arrohman, Prodi PWK ITNY sebelumnya telah secara rutin mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan kerja praktek di institusinya. Arrohman berharap agar mahasiswa tidak hanya melatih hard-skill, melainkan juga mengasah soft-skill dan kemampuan beradaptasi dengan dunia kerja.

“Harapannya nanti setelah mahasiswa menyelesaikan program magang disini, kalian memiliki nilai plus yang tidak dimiliki oleh teman-teman yang lain ketika memasuki dunia kerja,”terang Arrohman.

Sementara Kaprodi PWK ITNY, Yusliana, S.T., M.Eng. menjelaskan alasan Prodi PWK ITNY memilih program magang sebagai bentuk implementasi MBKM. Program magang ini dinilai dapat meningkatkan relevansi lulusan dengan kebutuhan di dunia industri dan dunia kerja, serta mampu mengasah kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) dari mahasiswa Prodi PWK ITNY. Lebih lanjut Yusliana menjelaskan bahwa selama melaksanakan magang, mahasiswa dibebaskan dari beban mata kuliah kecuali untuk mata kuliah studio dan metode penelitian. Pelaksanaan magang dalam rangka implementasi kurikulum MBKM ini menjadi ajang bagi mahasiswa Prodi PWK untuk memperoleh pengalaman langsung di dunia kerja.

“Program magang bagi mahasiswa Prodi PWK ITNY ini diharapkan mampu melatih kemampuan literasi manusia, literasi data, dan literasi teknologi bagi mahasiswa’, pungkas Yusliana.

Perencanaan Wilayah dan Kota ITNY

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *